SIAPAKAH ALLAH ITU?


Pdt. Kristian Kasenda


YEREMIA 33:1-2

            latar belakang dari kidung jemaat nomor 64 berjudul “ bila kulihat bintang gemerlapan”, Tahun 1885, seorang pendeta muda berumur 26 tahun bernama Carl Boberg menuliskan sebuah puisi dalam bahasa Swedia ”O Store Gud” (Allah yang Mahabesar). Saat itu ia tidak pernah berpikir bahwa puisinya itu akan menjadi sebuah hymn dan beberapa tahun kemudian ia terkejut ketika puisinya itu dijadikan syair dari sebuah melodi tradisional Swedia. Tahun 1920an, seorang misionaris asal Inggris Stuart Hine (1899-1989) dan istrinya sedang menunaikan misinya di Polandia. Ketika itu mereka mendengarkan puisi  Carl Boberg tersebut dibawakan dalam bahasa Rusia dan menggunakan melodi Swedia itu. Terinspirasi dari hal tersebut, Stuart Hine menuliskan versi bahasa Inggris dari puisi tersebut dan menyesuaikan melodi Swedia itu untuk menyanyikannya. Dan dari sinilah kita semua mengenal lagu How Great Thou Art. Ada 4 bait syair yang ditulis oleh Stuart Hine. Pada 3 bait pertama, ia melukiskan situasi tempat ia melakukan pelayanan di pegunungan Carpathian dimana bunyi guruh riuh terdengar jelas. Namun ia juga mengagumi keindahan pegunungan dan hutan serta kicauan burung di alam bebas dalam syairnya tersebut. Sedangkan bait keempat tercipta setelah ia kembali ke Inggris dimana ia tetap konsisten  mengagungkan kebesaran Tuhan.
            lagu ini adalah salah satu lagu yang masyur yang dikumandangkan seluruh dunia, lagu yang menggambarkan isi hati pengarangnya yang mengakui kebesaran Tuhan ketika ia melihat ciptaan Tuhan. demikialah Tuhan menyatakan kebesaranNya dalam Yeremia 33:2 , sebuah penegasan bahwa yang sedang berfirman kepada Yeremia pada waktu itu adalah Dia yang menciptakan langit dan bumi, bukalah allah atau ilah yang disembah oleh mereka yang sesat.
ketika kita mendengar atau membaca Firman, pahamilah dan kenalilah Ia yang berfirman itu, Ia adalah Allah maha besar sehingga kita mendengar dalam penghormatan dan penghargaan padaNya. lihatlah sekeliling kita maka kita akan melihat kebesaran Allah kita. Amin
( diterbitkan Obor Pemuda GMIM SENIN, 28 JANUARI 2019)


0 Response to "SIAPAKAH ALLAH ITU?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel