Merdeka tapiTidak Bebas


https://www.google.com

"Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih."( Galatia 5:13)

Kata merdeka adalah kata yang identik dengan bebas, seperti Indonesia yang medeka dan bebas dari penjajahan Belanda, bedaulat yang kurang lebih artinya berhak atas dirinya sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:    merdeka/mer·de·ka/ /merdéka/ a 1 bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri: sejak proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 itu, bangsa kita sudah --; 2 tidak terkena atau lepas dari tuntutan: -- dari tuntutan penjara seumur hidup; 3 tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa (dapat berbuat sekehendak hatinya);

Merdeka yang dipahami sebagai suatu berntuk kebebasan dari suatu keterikatan ternyata bukanlah suatu keadaan dimana benar benar terlepas dari keterikatan atau bebas untuk melakukan apa saja yang kita inginkan. Merdeka sebenarnya lebih terlihat sebagai suatu keadaan dimana terlepas dari satu hal dan terikat oleh hal yang baru.

Ketika Indonesia dijajah oleh Belanda, maka Bangsa ini, rakyat, terikat oleh aturan dari sang Penjajah. Dan ketika sudah merdeka, maka rakyat Indonesia kemudian terikat kepada aturan Negara Kesatuan republic Indonesia, jadi menurut saya kata merdeka bukan sepenuhnya berarti bebas tanpa keterikatan.

Dalam Galatia 5:1, Paulus mengatakan bahwa kita telah dibebaskan oleh Kristus dari kuk perhambaan yaitu, hukum Taurat. Jika sebelumnya mereka percaya dan berusaha untuk melakukan hukum Taurat maka sesudah kerya Penyelamatan Allah di dalam Kristus, maka manusia dibawa masuk kepada sebuah ikatan baru yaitu, Kristus dan perintahNya untuk melakukan kasih.

Jadi merdeka dalam hal ini adalah beralihnya seseorang dari kuasa hukum taurat kepada Kuasa kristus beserta perintahNya yang HARUS  ditaati oleh setiap orang yang percaya kepadaNya.  Penegasan tentang kemerdekaan ini, dtuangkan kembali oleh Paulus dalam Galatia 5:13, bahwa kemerdekaan yang berasal dari Kristus jangan dipandang sebagai kesempatan untuk hidup dalam dosa. Sampai disini jelas bahwa bukanlah benar benar bebas namun terikat dan harus tunduk. Seorang yang telah dibebaskan oleh Kristus harus hidup taat didalamNya dengan melakukan apa yang menjadi perintahNya, yaitu kasih. Seorang merdeka harus menolak segala keiinginan dagingnya, menyangkal dirinya.

Saudaraku, marilah kita hidup sebagai orang merdeka yang terikat pada kasih Kristus. Amin

 

( Pinasungkulan, 1 Juni 2020)

Pastori 3 Sion Pinasungkulan


0 Response to "Merdeka tapiTidak Bebas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel