PEMIMPIN SEJATI

Pemimpin yang efektif bukan soal pintar berpidato dan mencitrakan diri agar disukai; kepemimpinan tergambar dari hasil kerjanya, bukan atribut-atributnya. (Peter F. Drucker)                                               2 TAWARIKH 34:1-7

Dalam pejalanan sejarah manusia, ada banyak kisah tentang pemimpin dan kepemimpinannya. kisah tentang pemimpin yang baik, kisah tentang pemimpin yang jahat dan lainnya. dalam sejarah Alkitab, nama Raja Yosia bin Amon bisa dikategorikan fenomenal karena bebarapa faktor: 
  •  usia yang sangat muda sat diangkat menjadi raja, yaitu 8 tahun.
  •  karakternya yang bebeda dengan ayah dan kakeknya dalam hal spiritual, dikatakan bahwa ia mencari Allah Daud dan hidup berkenan dihadapan Allah.
  •  keberaniannya melakukan sebuah reformasi dengan menghancurkan suatu unsur penting dalam peradaban manusia yaitu, kepercayaan. ia dengan berani menghancurkan patung patung, kuil kuil, mezbah mezbah penyembahan berhala. 


sebagai seorang Raja, ia benar memanfaatkan jabatan dan kekuasaannya itu untuk hal yang baik, untuk menghembalikan rakyatnya pada hidup spiritual yang ebnar kepada Allah yang seharusnya disembah. kita tahu bersama tugas seorang Raja adalah mengusahakan kesejahteraan rakyat dalam hal duniawi; adalah tanggung jawab negara agar rakyatnya hidup sejahtera, tidak kelaparan bahkan menikmati hidup yangh senang. namun ternyata bagi Yosia,ia bukan hanya seorang pemimpin politik namun juga dengan jabatan politiknya itu ia dapat mengambil bagian dalam ranah rohani atau spiritua dan hal ini sangat efektif. akan sulit bagi para Imam untuk menghancurkan kuil dan mezbah serta patung patung berhala yang dibangun oleh raja raja sebelumnya, maka dibutuhkan suatu kekuatan politik yang besar untuk melakukannya. 

Yosia adalah seorang pemimpin yang fenomenal karena karakter hidup yang berkenan dihadapan Allah serta keberaniannya. 
dari kisah ini ada beberapa hal yang seharusnya dapat kita petik:

  1.  masa muda adalah masa yang tepat untuk hidup dan melakukan apa yang berkenan dihadapan Allah. masa muda adalah masa emas, kuat dan enerjik yang dapat melakukan hal hal besar apalagi jika ditopang oleh sumber daya yang  mumpuni.
  2.  kekuatan politik ternyata jika dipakai dengan benar akan menghasilkan sebuah intervensi positif terhadap berbagai aspek kehidupan, tyermasuk aspek keagamaan. dari ini kita dapat melihat realitas hiduyp kita, di indonesia, dimana kekuatan politik seringkali dipakai untuk hal hal yang tidak baik, atau hal baik yang hanya menguntungkan pribadi, keluarga dan golongan tertentu. bahkan untuk hal yang tidak baik, seringkali kekuatan politik dan agama saling memanfaatkan. 
  3. jiwa kepemimpinan Yosia ini dapat kita ambil dan praktekan dalam setiap ranah, dimulai dari keluarga, jadilah ayah, suami dan kepada keluarga yang takut Tuhan, maka kikta akan mampu melihat dan melakukan apa yang baik dalam keluarga kita masing masing. sekarang, banyak anak anak muda dan remaja yang terikat dengan pergaulan bebas, narkobna, mabuk mabukan, bahkan tindakan tindakan kriminal. ini tentu tidak lepas dari kepemimpinan dalam keluarga. mari kita mulai reformasi spiritual dari dalam keluarga kita dan itu apsti akan berlanjut pada aspek lain dalam keluarga kita dan akan mencakup ruang lingkup nyang lebih luas. Amin


0 Response to "PEMIMPIN SEJATI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel