Hati, Tindakan Dan Wortel


Pdt. Kristian Kasenda


Amsal 3: 3
“ janganlah kiranya kasih dan kesetiaan meninggalkan engkau!
kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,...”



     wortel merupakan salah satu tanaman holtikulutra yang memiliki barbagai manfaat sebagai bahan pokok cap cae dan juga sekarang dikanl jus wortel yang enak dan sehat bagi mata. sebelum ke Modoinding, saya sama sekali tidak pernah melihat tanaman wortel secara utuh. setelah saya melihat ternyata wortel ini adlah jenis umbi didalam tanah dan pohonnya seperti bunga yang indah.
          wortel ternyata indah pohonnya dan juga indah serta enak dan bermanfaat umbinya. ini memberi pelajaran penting bagi kita sebagai umat Tuhan, bahwa hidup kita harus benar benar baik tidak hanya yang nampak dari luar tetapi juga harus dari dalam hati. ada pepatah yang sering kita dengar; “lain dimulut lain dihati”, ini menunjukan bahwa tidak semua orang baik benar benar baik dan tidak semua orang baik dapat mewujudkan kebaikan hatinya itu dalam perbuatan nyata. ada orang yang merasa iba, kasihan namun tidak mau membantu atau berkorban namun ada juga orang yang membantu orang lain hanya demi pujian atau popularitas semata. seperti beberapa reality show di beberapa stasiun tv yang menolong orang dengan berpura pura menjadi orang miskin.
 Amsal 3: 3 ini dengan lantang menyerukan agar setiap orang berhikmat menjadikan kasih dan kesetiaan sebagai kalung pada leher, ini berkaitan dengan erat perhiasan dan perhiasan adalah hal yang dapat dilihat dan menarik artinya kasih dan kesetiaan menjadi ciri khas orang percaya melalui kata kata, tindakan dan kasih itu sendiri. Selanjutnya adalah tuliskan pada loh hati, itu berarti setiap hal baik yang kita lakukan dan katakan haruslah benar benar berasal dari dalam hati, yang dilakukan dengan tulus dan sukacita bukan karena paksaan atau sekedar untuk mendapat pujian, popularitas atau kepentingan lainya. yang lebih penting lagi, jadikanlah ini sebagai wujud kasih kita kepada Tuhan yang sangat mengasihi kita. Amin



[1] Pastori 3 GMIM  Sion Pinasungkulan, Modoinding, 7 Desember 2019


0 Response to "Hati, Tindakan Dan Wortel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel